Posted on Leave a comment

Tips Memulai Praktik Klinik Estetika

Persyaratan Penting dalam Menyiapkan Klinik Estetika

Dewasa ini Dermatologi estetika menjadi cabang kedokteran yang vital dan populer. Urgensi dari cabang kedokteran ini disebabkan beberapa faktor seperti, semakin populernya anti-aging, pertumbuhan ekonomi, keinginan mempertahankan citra diri, kemajuan teknologi dan medis, social media dan iklan, dan lainnya.

Prosedur estetika telah menjadi kebutuhan yang menjamur dikalangan menengah keatas terlebih para mileneal yang sangat sadar akan penampilan. Oleh karenanya terdapat peluang besar bagi para dokter untuk menekuni bidang dermatologi estetika ini.

Terdapat prosedur etik yang bisa diterapkan bagi para dokter untuk dijadikan pertimbangan dalam memulai membuka praktik, diantaranya sebagai berikut:

Lokasi, salah satu elemen terpenting dari keberhasilan praktik Anda adalah lokasi, Anda harus meneliti letak geografis untuk menentukan demografi pasien Anda. Serta cari tahu rumah sakit, klinik dermatologi, klinik kecantikan, atau pusat estetika lainnya yang berada disekitarnya untuk menganalisa peluang Anda.

Tujuan, tentukan tujuan dari pusat praktik estetika yang akan Anda buka, menentukan tujuan sama halnya dengan menentukan visi dan misi Anda, tujuan idealnya adalah memiliki praktik terpadu untuk dermatologi klinis, bedah kulit, dan dermatologi kosmetik. Sehingga ketika kedapatan pasien dengan keluhan jerawat aktif Anda dapat memeberikan treatment untuk merawat jerawat aktif hingga penanganan bekas jerawat atau hiperpigmentasi pasca inflamasi selanjutnya.

Up to date, Anda perlu memastikan bahwa menu yang Anda tawarkan harus up to date, dengan melakukan study banding ke komunitas praktisi estetika lainnya. Namun perlu di ingat bahwa prosedur estetika tidak hanya tentang penampilan dan kenyamanan tetapi juga tentang kesehatan dan keselamatan pasien. Oleh karena itu, setiap kasus harus ditangani dengan kompetensi profesional dan kehati-hatian.

Praktik dan Personel dalam pelayanan, Sebagai dokter estetika perlu bagi Anda untuk melihat klinik estetika Anda dari sudut pandang pasien. Perlu untuk memerhatikan tampilan klinik setiap sudut, hingga kamar mandi, tampilan dan pelayanan staf, efisiensi waktu dalam menunggu, hingga suasana selama di klinik.

Manajemen reservasi, hal ini penting untuk klinik estetika dalam hal pelayanan, misalnya prosedur penanganan hair removal dengan laser yang mengharuskan Anda mencukur rambut sebelum memulai prosedur laser atau light. Oleh karena itu Anda harus memperhitungkan waktu supaya tidak tumpang tindih dengan pasien lainnya.

Prosedur, Sebelum melakukan prosedur apa pun, pastikan Anda telah menjelaskan secara memadai kepada pasien – detail prosedur, alternatif yang tersedia, risiko yang terlibat, komplikasi yang dapat timbul, hasil yang diharapkan, durasi pengobatan dan biaya yang dikeluarkan.

Keterampilan atau skill profesional, Hal ini adalah termasuk yang terpenting diantara lainnya. Skill yang memadahi dan update dengan teknologi terbaru, Anda dapat menjadi rujukan para pasien. Untuk itu penting bagi Anda meng-upgrade skill estetika dengan mengikuti kursus estetika dan medik.

Peralatan Estetika, Sebagai penyedia prosedur estetika perlu yang namanya teknologi penunjang dalam melakukan treatment, dengan peralatan estetika yang lengkap Anda dapat membuka menu sebanyak-banyaknya dalam mengatasi masalah dan keluhan pasien.

Marketing dan Branding, penting bagi dokter untuk mengetahui strategi bisnis dalam memasarkan klinik estetikanya. Dengan memahami marketing dan branding, skill yang Anda miliki dalam praktik estetika akan tersalurkan dengan baik bagi para pasien, karena tujuan dari Anda membuka praktik estetika salah satunya adalah untuk mendapatkan keuntungan pastinya.

Dermatologi estetika menjadi cabang kedokteran yang vital dan penting di era sekarang ini. Untuk memenuhi kebutuhan pasien yang semakin meningkat, hal tersebut merupakan potensi besar bagi para kalangan dokter untuk memulai bisnis di bidang estetika.

sumber : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4271299/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *