Posted on Leave a comment

Efikasi Laser 1064nm Q-Switched Nd:YAG untuk Nevi Melanositik

(Kursus Estetika dan Medik Jakarta).Nevi Melanositik sangat umum dan biasanya tidak berbahaya, nevi melanositik merupakan penyakit langka yang timbul saat lahir akibat sel melanosit tumbuh berlebih. Biasanya lesi ini terjadi di punggung namun tak jarang terjadi juga pada bagian wajah, lengan, tangan, dan kaki. sehingga menjadi penting bagi pasien tersebut melakukan treatment untuk menghilangkannya. Karena pengobatan nevi melanositik sering dilakukan untuk alasan kosmetik atau kecantikan, maka cara penanganannyapun harus aman dan efektif.

Kursus Estetika dan Medik Jakarta

Nevi melanositik biasanya dihilangkan dengan cara eksisi bedah, cryotherapy atau elektrodesikasi. Namun terdapat juga terapi laser CO2 dan Er;YAG yang telah dicoba karena aplikasinya yang cukup sederhana dan kemampuan dalam mengobati lesi hanya dalam waktu singkat. Dewasa ini terdapat modalitas yang lebih efektif dalam mengobati nevi melanositik yaitu dengan Laser Q-Switched Nd-YAG 1064nm yang mampu menembus ke bagian kulit yang lebih dalam. Oleh karena itu laser ini mampu menghancurkan melanosit dermal yang terletak di dalam dengan fototermolisis selektif. Sehingga biasanya laser ini juga dapat digunakan untuk mengobati nevus ota dan hori, atau juga untuk menghilangkan tato.

Kursus Estetika dan Medik Jakarta

Efektifitas dari laser Q-Switched ini untuk pengobatan melanositosis dermal telah dibuktikan pada penelitian-penilitian sebelumnya. Laser 1.064 nm Q-swithced Nd: YAG, sistem fototermolisis non-ablatif dan selektif, biasanya digunakan di banyak klinik dermatologi untuk mengobati berbagai gangguan pigmen dan untuk menghilangkan tato. Secara khusus, uji terapeutik pada hiperpigmentasi pasca inflamasi, melasma dan nevus bilateral yang didapat dari makula mirip Ota telah menunjukkan bahwa pendekatan pengobatan ini efektif dengan downtime minimal dan tanpa pembentukan kerak.

Kursus Estetika dan Medik Jakarta

Interaksi laser terhadap kulit utama yang diamati pada melanositosis dermal dengan perawatan laser Q-switched Nd: YAG didasarkan pada interaksi fototermal dan fotomekanis yang disebabkan oleh fototermolisis selektif. Laser 1.064 nm Q-switched Nd: YAG dapat menyebabkan pecahnya melanosom dermis dan epidermal, pecahnya melanosom pada melanosit, dan kerusakan melanofag dermal. Rosenbach et al, melakukan penelitian yang melaporkan pengurangan melanosit epidermal dan jumlah sarang melanositik fungsional dan dermal setelah pengobatan nevi melanositik jinak dengan laser Q-switched ini.

Kursus Estetika dan Medik Jakarta

Sehingga laser Q-switched Nd: YAG dapat menjadi modalitas pengobatan yang efektif untuk menghilangkan nevi melanositik, yang memiliki gambaran histologis mirip dengan melanositosis dermal, selama perdarahan dapat dikontrol. Jenis perawatan laser ini aman, singkat, dan dapat ditoleransi dengan baik. Lesi multipel dapat diobati dalam waktu singkat dan perawatan pasca operasi minimal.

perawatan laser 1.064 nm Q-switched Nd: YAG untuk nevi melanositik sebanding dengan perawatan laser khusus pigmen lainnya berdasarkan kecepatan, kenyamanan, kosmesis yang sangat baik, dan kemudahan pengulangan, jika diperlukan. Laser 1.064 nm Q-switched Nd: YAG adalah pilihan yang menarik untuk mengobati nevi melanositik di klinik dermatologi atau klinik estetika. Laser 1.064 nm Q-switched Nd: YAG di Indonesia di Indonesia salah satunya adalah LTRA MIIN. Alat ini tersedia di PT Estetika Pro Internasional.

source : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3346906/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *