Posted on Leave a comment

Tindakan-tindakan Dokter Estetika yang Perlu Dicatat

kursus estetika dan medik untuk dokter

Ingin memiliki kulit yang menawan dan tampil cantik tidak cukup jika hanya bermodal makeup saja.  Hasil riasan akan lebih maksimal dan kulit tetap tampil segar walau tidak menggunakan makeup, skincare, atau perawatan wajah juga diperlukan. Beberapa perempuan memilih menggunakan krim sampai serum berkualitas. Namun produk-produk tersebut terkadang belum bisa memberikan hasil maksimal sesuai dengan yang diinginkan. Kadang, produk yang digunakan justru membuat kondisi kulit kita semakin buruk dan mengalami break-out. Hal tersebut biasanya terjadi karena Anda memakai produk dengan bahan-bahan yang tidak sesuai dengan kondisi kulit Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter estetika atau dermatologis. Dokter akan mendiagnosa kondisi kulit Anda dan memberikan saran sesuai dengan kondisi dan masalah kulit yang Anda miliki. Beberapa masalah kulit tidak dapat diatasi hanya dengan perawatan topikal, seperti skin care. Kadang, Anda juga butuh treatment lain seperti perawatan laser, IPL, radiofrequency, dan sebagainya.

Mengenal sedikit tentang Dokter Estetika.

Beberapa pekerjaan atau tugas mereka adalah seputar perawatan kecantikan, baik kulit, wajah, maupun bentuk tubuh dengan prosedur non bedah. mereka juga dikenal dengan sebutan dokter kecantikan, Anda dapat menemuinya di klinik kecantikan atau klinik estetika dan pusat perawatan kulit, salah satunya Q derma Clinic.

Dokter estetika merupakan seorang dokter umum yang biasanya telah mengikuti pelatihan khusus sehingga dapat izin melakukan prosedur-prosedur perawatan estetika (kecantikan), seperti peeling, Tarik benang, terapi laser, suntik botox, dll. Pada umumnya dalam melakukan pekerjaannya mereka kerap bekerjasama dengan para dokter gizi, dokter bedah plastik, dan dokter kulit.

Kursus Estetika dan Medik untuk Dokter
dr. Deby Intan S.M. Biomed (AAM)


Beberapa tindakan yang dapat dilakukan oleh Dokter Estetika


Lingkup Bidang estetika medis adalah semua tindakan yang memiliki tujuan untuk memperbaiki, memperindah fisik, yang tetap dengan memerhatikan aspek kesehatan atau Wellness. Salah satu tugas pokoknya adalah mendiagnosis masalah kulit serta memberikan saran tentang treatment maupun produk kosmetik dan obat yang baik untuk dikonsumsi.

Selain hal tersebut, Dokter estetika dapat melakukan prosedur-prosedur medis non-invasif atau tanpa pembedahan untuk mengatasi keluhan pasien, dengan catatan sesuai dengan pelatihan yang sudah diikutinya di kursus estetika dan medik. Beberapa prosedur yang bisa dilakukan meliputi :

Chemical peeling

Facial

– Suntik filler

– Perawatan IPL (Intense pulsed light). Biasanyamengatasi keriput, penuaan, bitnik hitam, dan lainnya.

Perawatan Laser. Biasanya untuk menghilangkan bekas luka atau tato, body contouring, dan lainya.

Aspek yang perlu dipertimbangkan ketika mimilih Dokter Estetika

Banyak Klinik Estetika yang menyediakan treatment atau perawatan kecantikan, mulai yang ringan hingga cukup berisiko. Oleh karenanya, penting sekali mempertimbangkan kualifikasi dokter tersebut, diantara kualifikasinya :

  • Pengalaman dan Sertifikat

Seorang dokter yang memiliki pengalaman dan sertifikat akan memberikan rasa aman dan yakin kepada calon pasiennya. Salah satu lembaga pelatihan estetika yang bisa memberi pelatihan & sertifikasi kepada para dokter adalah Q Derma Institute, yang bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

  • Harga treatment dan prosedur

Harga sebuah treatment dan prosedur medis di klinik bisa beragam. Sehingga anda perlu mencari tahu terlebih dahulu sebelum datang ke klinik estetika

  • Peralatan atau fasilitas yang ditawarkan

Selain hal diatas, memilih klinik atau dokter estetika yang menyediakan peralatan yang lengkap adalah faktor utama, sehingga anda dapat memilih jenis perawatan yang diinginkan. Seperti di Q Derma Clinic, selain dokter yang berkompeten juga menyediakan alat-alat penunjang yang lengkap seperti Laser Jerawat, Laser Flek, Radio Frequency, IPL, Ozonizer, dan yang lainnya. Q Derma Clinic sendiri merupakan sister company dari PT Estetika Pro International yang merupakan perusahaan importir dan distributor alat kecantikan medis di Indonesia sehingga alat yang dimiliki selalu up to date. Selain memiliki Klinik Kecantikan, Q Derma juga mengembangkan Q Derma Institute sebagai Lembaga Pelatihan Estetika yang menyediakan kursus Estetika atau pelatihan Kecantikan ber SKP IDI bagi para dokter.

Kursus Estetika dan Medik untuk Dokter
Kursus atau Pelatihan Estetika dan Medik

Jika Anda adalah seorang dokter atau berminat membuka bisnis klinik kecantikan, Anda dapat memperdalam ilmu Anda dengan mengikuti Intermediate Aesthetic Course.
Intermediate Class Aesthetic Course

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *