Posted on Leave a comment

Mengenal PRP (Platelet Rich Plasma) Kursus Kecantikan Medis

(Kursus Kecantikan Medis). Platelet-rich plasma (PRP) adalah metode yang sederhana, efisien, dan minimal invasif untuk mendapatkan konsentrasi alami GFs autologus.2 Pembentukan PRP melibatkan sentrifugasi darah autologus untuk memisahkan dan mengekstrak plasma dan bagian buffy coat dari darah, yang mana mengandung trombosit konsentrasi tinggi. PRP telah digunakan dalam bidang kedokteran gigi, dermatologi, bedah plastik dan maksilofasial, trauma akut, bedah kosmetik, dan kedokteran hewan. 12,28,36,38,53 Alasan penggunaan PRP secara luas dalam proses penyembuhan penyakit tersebut. berbagai jenis jaringan terletak pada kenyataan bahwa trombosit mewakili reservoir GF kritis yang mudah diakses dan molekul pensinyalan lainnya, termasuk sitokin katabolik yang diturunkan dari leukosit dan fibrinogen, yang dapat mengatur dan mengatur proses penyembuhan jaringan. molekul bioaktif berkontribusi pada respons penyembuhan jaringan yang diatur dengan baik terhadap cedera, yang berlanjut secara berurutan melalui fase inflamasi, reparatif, dan remodeling. dari penyembuhan luka.

Kursus Kecantikan Medis

Tujuan dari tinjauan ini adalah untuk membangun dasar pengetahuan yang berkaitan dengan definisi PRP dan untuk menganalisis hasil PRP dalam studi praklinis dan klinis untuk menentukan apakah bukti ilmiah kumulatif menunjukkan kemanjuran PRP dan mendukung penggunaannya untuk pengobatan cedera muskuloskeletal. . Tantangan besar untuk interpretasi dan ekstrapolasi data yang tersedia terletak pada variabilitas konsentrasi trombosit dan leukosit di antara berbagai metodologi yang digunakan dalam studi praklinis dan klinis.

Kursus Kecantikan Medis

Munculnya PRP sebagai sarana untuk pengiriman lokal dari GF yang aktif secara biologis ke lokasi cedera didukung oleh kesederhanaan, keamanan, ketersediaan, dan keefektifan biaya yang potensial. Sayangnya, meskipun PRP digunakan secara luas pada ketegangan otot, tendinopati, dan cedera ligamen, dan sebagai tambahan bedah untuk perbaikan rotator cuff, rekonstruksi ACL, dan perbaikan meniscal dan labral, penelitian tentang kemanjuran klinisnya masih dalam tahap awal. Meskipun beberapa penelitian pada hewan telah menawarkan hasil yang menjanjikan, studies penelitian pada manusia yang terkontrol dengan baik masih kurang.

Kursus Kecantikan Medis

Variabel yang melekat pada pembuatan dan penerapan PRP dapat menghambat desain dan pelaksanaan studi klinis yang andal. Konsentrasi trombosit, leukosit, dan GF yang ideal masih harus dibuktikan. Selain itu, lingkungan mikro yang disukai pada lesi dan stimulus mekanis perlu dipertimbangkan sebagai pengaruh diferensiasi seluler dan perbaikan jaringan yang tidak bergantung pada adanya GF stimulasi. Jika digabungkan, faktor-faktor ini dapat bertindak secara sinergis atau antagonis dengan pengobatan biologis dalam proses penyembuhan jaringan muskuloskeletal. Meskipun tampaknya ada cukup data untuk menjamin studi klinis lanjutan PRP sebagai adjuvan untuk penyembuhan, peran klinisnya belum ditentukan.

Ikuti Kursus Kecantikan Medis di Q Derma Aesthetic Institute

sumber : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3445108/#:~:text=Platelet%2Drich%20plasma%20(PRP)%20is%20a%20simple%2C%20efficient,natural%20concentration%20of%20autologous%20GFs.&text=Generation%20of%20PRP%20involves%20centrifugation,contain%20high%20concentrations%20of%20platelets.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *