Posted on Leave a comment

Mengenal Apa itu Telangiektasia atau “Urat Wajah”

Telangiektasia atau yang biasa dikenal dengan urat merah adalah kondisi melebarnya pembuluh darah pada bagian permukaan kulit atau membran mukosa yang menyebabkan tampak benang-benang pada kulit. Umumnya telangiectasia muncul pada bagian hidung dan pipi. Kondisi ini tidak berbahaya bagi kesehatan namun dapat mengganggu fungsi estetik wajah yang menjadi penunjang penampilan.

Berdasarkan clinical appearance, telangiectasia dibagi menjadi 3 macam yaitu : bentuk bercabang, bentuk menyerupai sarang laba-laba (spider type) dan bentuk linier. Telangiectasia bentuk linier berwarna merah dan bercabang umumnya terdapat pada wajah, sementara bentuk linier berwarna biru dan bercabang muncul di bagian kaki. Sedangkan telangiektasia berbentuk sarang laba-laba biasanya muncul pada anak-anak. Telangiektasia wajah biasanya dialami oleh individu yang memiliki kulit sensitif. Telangiektasia wajah dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, rosasea hingga akibat penggunaan krim tertentu.

Untuk meningkatkan kepercayaan diri, banyak orang mempertimbangkan untuk melakukan treatment demi menghilangkan telangiectasia terutama pada wajah. Terdapat 3 macam cara untuk menghilangkan lesi vascular, termasuk telangiektasia, diantaranya : treatment menggunakan laser, electrosurgery dan sclerotherapy. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jenis laser yang digunakan untuk treatment telangiectasia tergantung pada panjang gelombang dan teknologi mesin dengan tujuan menargetkan oksihemoglobin dan dinding pembuluh darah. Laser yang dapat menjadi pilihan antara lain laser alexandrite, laser diode dan laser ndyag. Kelemahan prosedur menggunakan mesin laser adalah diperlukan dokter estetika yang telah mengikuti training sehingga memahami mengenai cara penggunaan dan parameter kasus yang dihadapi.

Tretament electrosurgery untuk telangiectasia yaitu menggunakan tip kecil cauter yang di aplikasikan di sepanjang telangiectasia atau di akar pembuluh darah sehingga arus listrik memungkinkan untuk membekukan lesi. Treatment selanjutnya yaitu skleroterapi yang mana agen sclerosis di suntikkan ke dalam pembuluh darah. Teknik ini menjadi pilihan yang baik apabila ukuran pembuluh darah besar, namun tidak cocok untuk pembuluh darah kecil yang sering ditemukan pada wajah. (vio)

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai teknologi estetika? Silakan mengikuti kelas kami intermediate class aesthetic course.

Source :

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4537604/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/312845#causes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *