Posted on Leave a comment

Hair Removal with Intense Pulsed Light (I2PL)

(Kursus Estetika Surabaya). Penghilangan bulu (hair removal) dengan penerapan teknologi berbasis cahaya untuk penghilangan rambut juga didasarkan pada prinsip fototermolisis selektif, menggunakan melanin sebagai target kromofor. Karena melanin ditemukan di epitel folikel rambut serta di seluruh epidermis, penting untuk secara selektif menargetkan endapan pigmen di dalam batang rambut sambil membiarkan agregat melanin epidermal tidak tersentuh. Namun, puncak penyerapan melanin paling baik pada panjang gelombang yang lebih rendah, membuat penetrasi cahaya yang lebih dalam ke dasar folikel rambut menjadi lebih menantang. Penggunaan panjang gelombang yang lebih panjang untuk mengirimkan lebih banyak energi ke lapisan kulit yang lebih dalam dapat digunakan untuk menargetkan koleksi melanin yang lebih besar dan lebih padat di folikel rambut. Setelah melanin menyerap energi cahaya, ia diubah menjadi energi termal yang menyebabkan nekrosis pada folikel rambut. Folikel rambut dalam fase anagen adalah yang paling responsif terhadap perawatan ini, mengingat fakta bahwa batang rambut mengandung jumlah melanin terbesar. (Kursus Estetika Surabaya)

Akibatnya, warna dan ukuran rambut menjadi penentu penting untuk memprediksi kemanjuran hair removal menggunakan IPL. Rambut yang lebih kasar dan lebih gelap cenderung menyerap lebih banyak energi dan merespons lebih baik daripada rambut halus yang lebih terang. Faktanya, rambut pirang biasanya tidak akan merespons IPL atau perawatan laser dan lebih baik ditangani dengan metode penghilangan rambut alternatif yang menargetkan folikel rambut terlepas dari kandungan pigmennya. Untuk melindungi melanin epidermis dari cedera termal, pulsa IPL dapat dibagi secara sinkron. pulsa milidetik dipisahkan oleh waktu relaksasi termal yang singkat. (Kursus Estetika Surabaya)

IPL dapat digunakan untuk merawat rambut yang tidak diinginkan di berbagai lokasi anatomi. Ukuran bintik yang besar memudahkan perawatan area permukaan yang lebih besar, seperti punggung, dada, atau kaki, yang jika tidak akan merepotkan untuk ditangani dengan perangkat berukuran bintik yang lebih kecil.

Perawatan dengan perangkat IPL umumnya ditoleransi dengan baik oleh kebanyakan orang saat menggunakan pengaturan energi standar. Melapisi kulit dengan krim anestesi topikal selama satu jam sebelum perawatan akan membantu meringankan beberapa ketidaknyamanan, tetapi tidak selalu diperlukan. Meskipun jarang diamati di tangan pengguna berpengalaman, komplikasi potensial dari penghilangan rambut IPL dengan energi berlebihan atau teknik yang tidak tepat termasuk hiperpigmentasi, hipopigmentasi, folikulitis, dan hipertrikosis paradoks. (Kursus Estetika Surabaya)

Untuk menghindari komplikasi seperti itu, penting untuk menggunakan pengaturan energi yang sesuai dan untuk memastikan kontak penuh antara kotak kristal dari alat genggam dan kulit. Untuk beberapa sistem yang tersedia secara komersial, sebaiknya gunakan gel konduksi berbasis air untuk meningkatkan kontak ini. Selain itu, risiko dischromia sisa lebih besar pada jenis kulit yang lebih gelap dan harus diperhitungkan saat memilih kefasihan dan durasi nadi sebelum pengobatan. Dalam kasus ini, disarankan agar filter tertinggi yang tersedia (755nm) digunakan dengan penundaan interpulse 50 hingga 100 milidetik untuk memberikan waktu yang cukup bagi epidermis untuk mendingin untuk meminimalkan kerusakan termal.

Dewasa ini IPL sudah mempunyai generasi terbarunya yaitu I2PL. Definisi I2PL sendiri adalah IPL dengan filter yang lebih efektif dibandingkan filter IPL biasa. Intense Pulsed Light (IPL) merupakan suatu metode atau teknik terbaru dalam Photofacial. IPL sering disamakan dengan perawatan sinar laser, padahal IPL adalah phototherapy atau terapi sinar. Berbeda dengan treatment laser hanya menggunakan 1 jenis gelombang cahaya saja. I2PL adalah terapi sinar yang akan melewati lapisan terluar kulit (epidermis) dan menembus lapisan yang lebih dalam (dermis) dimana terdapat pembuluh darah, kolagen dan elastin. Perawatan ini sangat cocok untuk mereka yang ingin memperbaiki berbagai masalah kulit namun tidak memiliki waktu untuk pemulihan yang lama. Terapi I2PL dapat dinikmati oleh pasien remaja hingga dewasa karena sangat aman dan tanpa efek samping. Manfaat Brightening (Pencerahan Wajah), Mengurangi kemerahan akibat acne, Membunuh kuman penyebab acne, Hair Removal, dan yang lainnya. (Kursus Estetika Surabaya)

sumber : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3390232/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *