Posted on Leave a comment

Tips Merawat Kulit Wajah Agar Tetap Sehat Luar dan Dalam

kursus estetika dan medik
kursus estetika dan medik

(Tips Merawat Kulit Wajah). Untuk menunjang penampilan, setiap orang menginginkan kondisi kulit yang sehat. Kulit yang sehat dicerminkan dengan kulit segar, cerah, bebas kerutan, tidak berjerawat, tampak kencang dan bersih. 2 faktor yang berperan penting pada tampilan kulit wajah yaitu faktor dari luar seperti lingkungan, dan factor dari dalam seperti makanan maupun pola hidup.

Tahukah Anda? Kulit wajah terdiri atas lapisan kolagen dan elastin yang menjadikan kondisi kulit rentan. Hal ini menjelaskan kesehatan kulit dapat dipengaruhi oleh usia dan pola hidup seperti makanan, alkohol, rokok, serta stress. Selain itu, kulit merupakan bagian tubuh yang mengalami regenerasi setiap 27 hari.  Penumpukan sel kulit mati yang tidak dibersihkan menjadi akar dari kondisi kulit kusam.

Untuk itu, diperlukan perawatan kulit yang sesuai dari luar dan dalam agar terhindar dari masalah kulit, seperti jerawat, penuaan dini, kusam, noda hitam, kerutan, garis halus, dan lainnya. Dengan treatment yang tepat juga dapat menjaga dan mempertahankan kulit agar tetap sehat, cerah beseri dan awet muda.

Merawat kulit wajah dengan cara yang benar dapat mencegah timbulnya masalah kulit, seperti jerawat, kusam, noda hitam, kerutan, garis halus, dan lainnya. Dengan treatment yang tepat kulit wajah akan sehat, tampil cerah berseri, dan awet muda.

Tips Merawat Kulit Wajah yang Benar dari Luar

Sinar UV dari matahari, polusi udara, dan aktivitas sehari-hari merupakan faktor utama dari luar yang menyebabkan masalah kulit. Oleh karenanya, penting bagi kulit untuk memiliki pelindung atau perisai dari hal-hal yang merugikan tersebut.

Penggunaan tabir surya dapat bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar Ultraviolet yang mampu mengakibatkan kanker kulit, kusam, bintik atau flek, dan keriput.

Saran dalam menggunakan tabir surya adalah gunakanlah sunscreen atau sunblock yang bertuliskan broad-spectrum dengan minimal SPF 30. Tabir surya seperti ini dapat memberikan perlindungan dari sinar UVA dan UVB. Setidaknya gunakanlah saat beraktivitas di luar rumah.

  • Pelembap Kulit

Kulit sering kali mengalami kondisi kering sehingga memakai pelembap menjadi bagian penting dari merawat kulit wajah. Penggunaan pelembap yang mengandung dimethicone, sodium PCA, shea butter, panthenol, dan cyclopentasiloxane dapat mengatasi masalah kulit kering, anti radang, pelindung dari sinar matahari, serta tidak mengiritasi kulit. Namun dalam pemilihan pelembap, pilihlah pelembab kulit yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Gunakan pelembap ke seluruh permukaan wajah secara rutin dan teratur.

  • Pembersih

membersihkan wajah setidaknya dilakukan 2 kali sehari. Pembersih yang baik adalah yang tidak merusak kulit atau yang menggunakan bahan ringan, mengandung stearyl alcohol sehingga busa tidak berlebih dan tidak menyebabkan iritasi. Pastikan pembersih yang digunakan sesuai dengan jenis kulit dan tidak mengandung detergen atau zat kimia berbahaya bagi kulit. Cara dalam memebersihkannya pun juga harus benar, awali dengan membasuh wajah dengan air hangat. Kemudian gunankan pembersih muka dan mulailah dengan memijat lembut secara melingkar menggunakan jari. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih, lalu keringkan dengan cara menepuk wajah secara perlahan dengan handuk yang bersih.

Tips Merawat Kulit Wajah yang Benar dari Dalam

Selain faktor dari luar yang dapat mempengaruhi kondisi kulit juga disebabkan faktor dari dalam seperti pola makan, konsumsi alcohol, merokok, pola tidur dan lain-lain. Untuk perawatan kulit dari dalam, beberapa tindakan yang wajib Anda perhatikan adalah :

  • Cukup Tidur

Standar normal pola tidur manusia yaitu 8 jam per hari. Tidur yang cukup dan berkualitas akan menjadikan kulit dalam kondisi baik pula. Tidur akan membuat proses regenerasi sel-sel di dalam tubuh dan kulit bisa terjaga.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang khsususnya yang mengandung antioksidan, kolagen, dan vitamin E, membatasi konsumsi makan berlemak, dan memenuhi cairan tubuh dapat membuat kulit sehat, terlihat cerah, bersih dan terhindar dari penuaan dini.

  • Hindari Rokok dan Alkohol

Kandungan zat berbahaya di dalam rokok mencapai 4.000 zat kimia berbahaya. Beberapa zat tersebut dapat menyebabkan kulit kusam, kering, dan kasar. Berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dapat menyehatkan kulit dan terhindar dari penyakit berbahaya.

  • Olahraga secara Rutin dan Teratur

Berolahraga dengan rutin dan teratur dapat melancarkan peredaran darah dan daya tahan tubuh menjadi lebih baik, serta dapat membuang racun berbahaya di dalam tubuh. Tubuh yang sehat akan menjadikan kulit sehat, tampak segar, dan berseri.

Hal terpenting dari tips merawat kulit wajah adalah melakukannya secara rutin dan konsisten. Namun jika memiliki masalah kulit wajah seperti jerawat yang parah atau bekas luka, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit atau dokter estetika (aesthetician).

Jika Anda adalah seorang dokter atau berminat membuka bisnis klinik kecantikan, Anda dapat memperdalam ilmu Anda dengan mengikuti Intermediate Aesthetic Course di Lembaga Kursus Estetika dan Medik Q Derma Aesthetic Institute.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *