Posted on Leave a comment

Atasi Bintik-Bintik Hitam dengan I2PL (Kursus Estetika dan Medik)

eye hair on soft focus

Perawatan flek hitam dengan Intens Pulsed Light (IPL) adalah Perawatan dengan flash, mirip dengan flash kamera. Frekuensi cahaya paling baik diserap oleh bintik-bintik berpigmen gelap di kulit. Kulit terang di sekitarnya, yang tidak berpigmen, tidak menangkap cahaya itu dengan baik, sehingga sel berpigmen gelap menyerap hampir semua energi cahaya dan mengelupas setelah beberapa hari. (Kursus Estetika dan Medik)

Perawatan  itu sendiri membutuhkan waktu sekitar 30 menit dan agak tidak nyaman. Sensasi yang Anda rasakan mirip dengan karet gelang yang menempel di kulit Anda. Satu perawatan sering kali cukup efektif, tetapi beberapa orang mungkin ingin melakukan sebanyak tiga perawatan tergantung pada tingkat kerusakan akibat sinar matahari.

Tidak jarang orang memiliki bintik-bintik coklat di tangan, lengan, atau wajah mereka. Pigmennya konsisten dan Anda biasanya tidak bisa merasakannya karena datar, tidak terangkat.

Bintik coklat / flek hitam ini sering disebut dengan bintik penuaan, bintik hati atau bintik matahari. Dalam istilah kedokteran, bercak coklat ini dikenal dengan istilah lentigine, yang pada dasarnya adalah bintik matahari yang disebabkan oleh kerusakan pada kulit. Lentigine cenderung membuat kulit kita terlihat lapuk, tua dan tidak sedap dipandang. (Kursus Estetika dan Medik)

Perawatan untuk bintik hitam menggunakan Intense Pulse Light (IPL). Ujung IPL (seukuran prangko) memancarkan cahaya yang diserap oleh sel kulit gelap. Semakin gelap sel kulit, semakin banyak energi yang diserapnya, dan membunuh sel tersebut.

Kemudian sel kulit mati berpindah ke bagian atas kulit Anda dan mengelupas. Saat mereka mengelupas, Anda baru saja mengupas bintik-bintik hitamnya. Sel kulit di sekitarnya tidak rusak. Karena mereka tidak memiliki pigmen gelap, mereka tidak menyerap energi laser. (Kursus Estetika dan Medik)

Perawatan ini sangat cocok untuk jenis kulit yang lebih cerah. Karena IPL dapat dengan jelas membedakan antara kulit normal dan bintik hitam. Pengelupasan kimiawi juga dapat membantu menghapus bintik hitam. Jika Anda memiliki kulit yang lebih gelap, Anda dapat memilih pengelupasan kimiawi daripada perawatan laser karena lebih aman untuk kulit dengan lebih banyak pigmen.

IPL bisa jadi tidak nyaman. Rasanya seperti karet gelang kecil patah, dan karena berulang kali “menjentikkan” di sekitar area perawatan, kami merekomendasikan krim mati rasa atau anastesi. Anda akan menerapkannya di area perawatan untuk membuat prosedur Anda jauh lebih nyaman. Namun baru-baru ini terdapat IPL generasi terbaru bernama I2PL dimana dalam pengaplikasiannya tidak menggunakan krim sama sekali, dan hasilnya efektif. (Kursus Estetika dan Medik)

Kemerahan dan bengkak normal sehari setelah perawatan. Kemudian, dalam 4-7 hari, bintik-bintik ini akan mulai mengelupas seperti bubuk kopi.

Apakah Anda memilih IPL atau pengelupasan kimiawi, bintik hitam akan muncul kembali di bawah sinar matahari. Berhati-hatilah saat menggunakan tabir surya untuk mencegahnya kembali, terutama dalam minggu-minggu setelah perawatan Anda. Meskipun Anda hanya mengemudi di hari yang cerah, gunakan tabir surya. Kaca depan Anda tidak menghentikan sinar matahari memengaruhi kulit Anda. (Kursus Estetika dan Medik)

Jika Anda tidak berhati-hati dengan paparan sinar matahari, upaya yang Anda lakukan untuk menghilangkan bintik-bintik itu akan sia-sia. Mereka hanya akan menjauh dengan perlindungan sinar matahari yang rajin.

Apakah Bintik-bintik Gelap itu Kanker?

Jika Anda memiliki bintik hitam, itu tidak berarti Anda menderita kanker. Namun, karena area kulit ini rusak, Anda bisa terkena kanker kulit. Penting untuk diperiksa (Lihat: Cara Mengenali Kanker Kulit) jika Anda melihat bercak coklat baru yang berubah dan memiliki warna dan bentuk yang berbeda dari tahi lalat lain di tubuh Anda.

Bagi mata yang tidak terlatih, sebagian besar tahi lalat dan bintik hitam terlihat serupa, jadi kami mendorong semua orang untuk memeriksakan diri saat pertama kali mereka melihat bintik hitam. Perlu waktu lama untuk menyadari ada sesuatu yang salah, dan deteksi dini sangat penting. Selain itu, Anda tidak boleh mencoba mendiagnosis diri sendiri berdasarkan foto dan informasi yang Anda temukan secara online. Penting untuk diperiksa oleh dokter kulit terlatih. (Kursus Estetika dan Medik)

Perawatan Berkelanjutan untuk Mencegah Flek Gelap

Selain proses pengangkatan, bintik-bintik coklat pada kulit biasanya memerlukan perawatan harian yang berkelanjutan karena kerusakan umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari setiap hari.

Tentunya, penting untuk menggunakan tabir surya. Kami juga menggunakan retinol untuk menghilangkan bintik-bintik coklat dari kulit, serta penghambat pigmen untuk mencegah munculnya lebih banyak pigmen gelap. Ini semua adalah bagian dari rutinitas harian yang dapat membantu Anda menjaga kulit tetap bersih. (Kursus Estetika dan Medik)

Ikuti Intermediate Aesthetic Course Q Derma Institute

sumber : https://www.epiphanydermatology.com/blog/laser-treatment-for-the-removal-of-dark-spots/#:~:text=Types%20of%20Laser%20Treatments,absorbs%2C%20killing%20that%20particular%20cell.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *