Posted on Leave a comment

KENALI LEBIH JAUH APA ITU MELASMA DAN CARA MENGATASINYA

kursus estetika dan medik

Melasma adalah masalah kulit umum berupa bercak gelap coklat hingga abu-abu di wajah. Masalah ini sering terjadi pada wanita dibagian pipi, dagu, hidung, dahi dan diatas bibir bagian atas. Pada umumnya melasma sendiri disebabkan oleh kehamilan termasuk penggunaan kontrasepsi oral dan hormone. Namun juga terdapat penyebab lainnya seperti faktor estiologi meliputi pengaruh genetik, radiasi ultraviolet (UV), terapi hormonal, kosmetik, obat fototoksik, dan obat antiseizure.

Kulit yang rentan berisiko melasma adalah mereka yang berkulit coklat muda dengan intensitas paparan sinar matahari yang tinggi. Paparan sinar matahari atau radiasi UV dapat menyebabkan lipids peroxidation pada membran sel. Sehingga mengakibatkan radikal bebas dapat merangsang melanosit untuk memproduksi melanin berlebih. Inflamasi dermal dan aktivasi fibroblast yang dipicu oleh paparan sinar UV yang berkepanjangan mengatur faktor sel induk di melasma dermis, menghasilkan peningkatan melanogenesis.

Pengobatan melasma bisa dilakukan dengan obat topikal serta pengelupasan secara kimia, tetapi karena sifatnya yang Refrafkter dan berulang, pasien sering mencari cara alternatif yang lain. Salah satu yang terbukti efektif adalah menggunakan laser dan terapi cahaya, seperti laser Q-witched Nd:YAG (LTRA MIIN). Laser ini menghasilkan sinar laser intensitas tinggi dengan durasi pulse yang sangat singkat. Laser Q-switched menargetkan melanin tersedia dalam beberapa panjang gelombang termasuk ruby ​​(694 nm), alexandrite (755 nm), dan neodymium-doped yttrium aluminum garnet (Nd: YAG; 532 nm atau 1064 nm). Spektrum dibersihkan pada tahun 2012 untuk pengobatan melasma, dan terbukti efektif dalam mengurangi munculnya melasma. Orang yang menerima perawatan harus selalu memakai tabir surya jika terkena sinar matahari dan menghindari paparan sinar matahari yang dapat memicu kembali pigmentasi.  Laser Nd: YAG dengan sakelar-Q fluensi rendah pada 1064nm yang menggunakan teknik multi-lintasan dengan ukuran titik yang besar telah disarankan sebagai modalitas untuk mengobati melasma.

Bagaimana dok? Ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang estetik?
Dokter bisa ikuti kursus estetika di tempat kami.

Contact Us:

+62 821-1211-1369
021-221-25-295
Jl. Raya Kebun Jeruk, No.3A, Jakarta Barat, DKI

follow us :
@espro.id
@kursus_estetika
@qderma.clinic

www.espro.co.id
www.course.espro.co.id

#kursusestetika #kursusestetikadanmedik #melasma #Laser #Qswitced #NdYag#I2PL  #accutoning #firexel #ozon #ndyag #laser #estetika #espro #accure #aileen #ipl #i2pl #multicool #Biorepeel #ulverin #winback #slimmingmaster #ozon #maculinity #prp #aesthetic

Sumber :

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK459271/https://ijdvl.com/optimizing-q-switched-lasers-for-melasma-and-acquired-dermal-melanoses/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *