Posted on Leave a comment

KETAHUI APA ITU ACNE VULGARIS DAN CARA MENGATASINYA

Acne vulgaris adalah masalah kulit atau kelainan dermatologis yang biasa disebut dengan jerawat. Istilah acne vulgaris sendiri merupakan istilah medis yang merujuk pada berbagai jenis jerawat, mulai dari komedo hitam, komedo putih, papula, pustula, nodula, dan kista. Acne vulgaris merupakan kelainan kulit yang sangat umum terjadi terutama di wajah, terkadang juga di lengan atas, tubuh, dan punggung. Baik dengan lesi inflamasi (tanpa peradangan) dan non-inflamasi (dengan peradangan).

Acne vulgaris terdapat dua : inflamasi dan non-inflamasi. non inflamasi biasanya ditandai dengan komedo, sedangkan inflamasi ditandai dengan jerawat yang menonjol dan kemerahan.

Macam-macam acne vulgaris (bergantung pada tingkat keparahannya):

  • Ringan: Komedo hitam, komedo putih
  • Sedang: papula (benjolan kecil merah dan lunak), postula (benjolan kecil merah birisi nanah)
  • Parah: Nodula (benjolan besar, padat, dan nyeri), Lesi kistik/kista (benjolan besar birisi nanah yang terasa sakit)

Penyebab Acne Vulgaris atau Jerawat

Pada umumnya terjadi saat pubertas. Hormon yang meningkat ketika masa pubertas, di bawah pengaruh androgen, sekresi sebum meningkat karena 5-alpha reductase mengubah testosteron menjadi DHT yang lebih kuat, yang mengikat reseptor spesifik di kelenjar sebasea sehingga meningkatkan produksi sebum. Hal ini menyebabkan peningkatan hiperproliferasi epidermis folikel, sehingga terjadi retensi sebum. Folikel yang membengkak pecah dan melepaskan bahan kimia pro-inflamasi ke dalam dermis, merangsang peradangan. Namun terdapat faktor lain yaitu:

  • Perubahan hormon saat menstruasi atau hamil
  • Konsumsi obat tertentu  (seperti litium, steroid, dan antikonvulsan)
  • Paparan sinar matahari berlebih
  • Penggunaan kosmetik yang salah atau tidak cocok
  • Udara lembap
  • Keringat berlebih
  • Stress
  • Sindrom ovarium polikistik

Mengatasi Acne Vulgaris

Cara mengatasi masalah ini disesuaikan dengan tingkat keparahannya. Acne vulgaris ringan biasaya dapat ditangani dengan obat-obatan topikal maupun oral. Seperti Benzoyl peroxide, asam salisilat, retinoid, hingga antibiotik, isotretinoin, dan pil KB. Selain dengan obat-obatan topikal dan oral, cara lain mengatasinya yaitu dengan terapi laser.

Belakangan ini, Teknik treatment mulai beralih ke laser. Terdapat hasil penelitian menunjukan bahwa laser efektif mengatasi acne vulgaris seperti laser diode 1450nm. Salah satu jenis laser ini adalah Accure. Laser ini telah memiliki ijin dari FDA US untuk mengobati jerawat, bekas jerawat atrofi, dan kerutan halus. Penetrasi Laser ini menembus lapisan dermis dan memberikan energi termal ke kelenjar sebasea dari dalam dan luar jaringan. Energi termal merusak lobulus sebasea menyebabkan berkurangnya sekresi sebum. Selain itu penyerapan energi oleh kromofor air menjadikan kulit lebih cerah dan glowing. Selain itu, laser diode accure ini juga efektif untuk peremajaan kulit (skin rejuvenation).

acne vascular

Bagaimana dok? Ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang estetik?
Dokter bisa ikuti kursus estetika di tempat kami.

Contact Us:

+62 821-1211-1369
021-221-25-295
RT.9/RW.5, Kebon Jeruk, Kebonjeruk, West Jakarta City, Jakarta 11530

follow us :
@kursus_estetika
@qderma.clinic
www.espro.co.id
www.course.espro.co.id

#kursusestetika #kursusestetikadanmedik #melasma #Laser #Qswitced #NdYag#I2PLĀ  #accutoning #firexel #ozon #ndyag #laser #estetika #espro #accure #aileen #ipl #i2pl #multicool #Biorepeel #ulverin #winback #slimmingmaster #ozon #maculinity #prp #aesthetic

sumber :

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1936301/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK459173/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *